Sejarah Desa

Pada awalnya nama Sinar Ogan adalah nama sebuah kampung atau dusun yang sebelum tahun 1956 dikenal dengan Susukan Sinar Ogan bagian dari wilayah Desa Galih Lunik Kecamatan Kedaton  Provinsi Lampung.

Mayoritas penduduk susukan Sinar Ogan pada waktu itu adalah Ogan, sebuah nama suku di palembang Provinsi Sumatera Selatan,  jadi Sinar Ogan bisa diartikan sekelompok orang ogan yang bersinar / bercahaya.

Desa Sinar Ogan menjadi desa devinitif pada tahun 1956 yang dipimpin oleh seorang Kepala Kampung yang bernama Cinamin, dengan tokoh-tokoh masyarakat pada waktu itu yaitu : Atemo Wigeno, Mulkan, Zulkuan, Cik Agus, Romli Alam, dan Sapron.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, banyak penduduk yang datang dari pulau Jawa, yang mengakibatkan banyak penduduk asli yang menjual lahannya kepada para pendatang. Sebagian lagi memilih pindah ke daerah Suban Desa Triharjo Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Hingga sekarang tinggal sebagian kecil masyarakat Ogan yang memilih menetap di desa Sinar Ogan, dan mayoritas penduduk desa Sinar Ogan Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan adalah suku Jawa.

 

Facebook Comments